Sunday, 26 October 2014

Burung Kenari (Serinus Canaria)

Mengenal Burung Kenari dan jenisnya

Burung Kenari, Mengenal Burung Kenari dan jenisnya- Kicauan burungku kali ini akan membahas mengenai burung kenari. salah satu burung yang sekarang lagi digemari oleh para pecinta burung berkicau. Biasanya Burung mungil ini dijadikan favorit dalam kontes atau perlombaan burung karena disamping suaranya yang merdu, warna bulunya pun menjadi alasan bagi para pecinta burung untuk  memilhara bahkan membudidaya (berternak) burung kenari ini, tak heran jika banyak para pecinta burung berminat untuk membudidaya (beternak) burung satu ini, disamping memiliki nilai jual yang bagus dipasaran, kenari ini memang mempunyai jenis dan suaran yang beraneka ragam akibat adanya kawin silang antar burung kenari. Sebelum pecinta burung memelihara burung atau berternak tidak ada salahnya kalau  mengetahui asal mu asal burung kenari . Menurut sumber dari wikipedia Burung kenari yang memiliki nama latin Serinus Canaria pertama ditemukan Oleh Pelaut Perancis Jean de Berthan Cout di Kepulauan Canary pada abad ke-15"Jean de Berthan Cout" di Kepulauan Canary pada abad ke-15. Keaneka ragaman burung kenari yang sekarang merupakan perkembangan keturunan kenari liar yang bernama latin Serinus Canarius. Banyaknya jenis ini merupakan kondisi alam atau juga karena kawin silang yang terjadi sejak lima abad yang lalu.
Negara Belanda yang kini lebih dikenal sebagai negara pengekspor kenari Indonesia, semula mendatangkan kenari dari Inggris, Jerman dan Belgia kemudian kenari tersebut dikawinkan dengan kenari liar dan menghasilkan beberapa jenis seperti norwich,scoth fancy,bolder fancy,london fancy,yorkshire,lanchaisire,gloser,dan sebagainya.
Nama burung kenari tidak berhubungan dengan buah kenari, melainkan diambil dari nama pulau habitat aslinya, yaitu Kepulauan Canary. Kepulauan itu sendiri mendapat namanya dari bahasa Latin canarias yang berarti (pulau) anjiing, karena banyaknya anjing liar yang ada di sana pada zaman dahulu.
Lebih Jelasnya lihat Foto dibawah ini. 



Kenari (Senirus Canaria)

Seperti yang sudah kicauan burungku jelaskan kalau Burung Kenari memiliki banyak jenis (varietasnya). hal itu terjadi karena faktor alam  (kondisi alam) dan faktor kawin silang. Dulu Negara Belanda yang dikenal sebagai negara pengekspor kenari Indonesia, semula mendatangkan kenari dari Inggris, Jerman dan Belgia kemudian kenari tersebut dikawinkan dengan kenari liar dan menghasilkan beberapa jenis seperti yorkshire,lanchaisire,gloser,dan sebagainya.

Berikut kicauan burungku akan jelaskan jenis-jenis Burung Kenari (Senirus Canaria)

1. Kenari postur (canary of posture)
Varietas kenari ini merupakan kenari yang dikembangkan dengan mengutamakan keindahan posturnya saja, dan sama sekali tidak memperhatikan kicauaannya. Jadi kenari  postur diminati karena keindahan bulu dan postur tubuhnya semata. 
2. Kenari bagal/hybrid (The mule and hybrid canary)
Varietas kenari ini adalah mutan (hasil persilangan antara burung kenari dan burung finch lainnya. Hasil persilangan ini  bermacam-macam dan menghasilkan beberapa karakter yang menonjol, baik di warna bulunya, postur tubuhnya, atau kicauannya. Tergantung dengan apa kenari dipersilangkan. 
3. Kenari warna (color bred variety)
Kenari varietas ini adalah menitikberatkan pada keunggulan warna bulunya. Artinya, para penangkar kenari warna ini tidak memperhatikan kualityas suaranya, melainkann hanya mengembangkan keindahan warna bulu kenari. 
4. Kenari varietas lagu (song variety)
Kenari varietas ini dapat dipahami dari namanya, yakni kenari yang diutamakan kualitas suara/kicauannya/lagunya. Kenari jenis ini banyak diminati oleh pecinta burung karena banyak yang menilai bahwa burung kenari yang bagus adalah kenari yang gacor dan bersuara bagus. Meskipun ini relatif bagi setiap pecinta burung. 
5. Kenari varietas hasil persilangan
Untuk varietas ini, para penangkar tidak memperhatikan suara, warna bulu, dan postur tubuh kenari, tetapi hanya mengutamakan produktivitas kenari apa pun jenis kenarinya. Artinya kenari varietas ini mempunyai karakter yang bermacam-macam atau kombinasi. 
Gambar Jenis Burung Kenari








Sobat kicau, varietas mana yang anda sukai?  Semua itu realtif karena setiap orang mempunyai kecenderungan dan kesukaan yang berbeda-beda, dan itu sah-sah saja. Tidak ada aturan varietas mana yang harus disukai, tetapi memang saat ini kenari kuning menjadi primadona. 
Demikian informasi yang dapat kicauan burungku berikan tentang Mengenal Kenari dan Jenisnya (varietas) kenari, semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Artikel dari kicauan burungku untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. jika artikel ini bermanfaat tidak ada salahnya kalau bisa dibagikan kepada para pecinta burung. Salam kicau, semoga sukses.  


Sumber : Wikipedia



Burung Kenari (Serinus Canaria)
4/ 5
Oleh