Friday, 31 October 2014

Cucak Hijau (Cucak Ijo)

Cucak Hijau (Cucak ijo) 

Mengenal Burung Cucak Hijau (Cucak Ijo) 


Mengenal Burung Cucak Hijau (cucak ijo)-Artikel kali ini kicauan burungku akan mencoba membahas mengenai burung cucak hijau. menurut sumber wikipedia cucak hijau dikenal dengan istilah cica daun hijau dan memiliki nama ilmiah  Chloropsis sonnerati Cucak hijau termasuk burung dimorfik, yakni memiliki perbedaan ciri fisik yang bisa dilihat antara burung jantan dan burung betina dewasa. Namun untuk cucak hijau yang masih muda/trotolan sekitar umur 2-4 bulan, bentuk fisik jantan dan betina nyaris sama, bulunya pun warnanya sama hijau muda, sehingga agak sulit membedakannya.

Membedakan Cucak Hijau Jantan dan Betina
Pada Artikel kali ini kicauan burungku akan memberikan tips cara membedakan cucak hijau jantan dan betina. semoga artikel tulisan ini membantu para pecinta burung dalam memilih burung cucak hijau agar tidak tertipu dan menyesal dikemudian hari.  

Berikut panduan dan tips yang bisa para pecinta burng gunakan dalam membedakan cucak hijau jantan dan betina:
  1.  Untuk burung jantan, pada dagu dan tenggorokan berwarna hitam, sedangkan betina hijau
  2.  Bakalan jantan, jika masih berumur dibawah 4 bulan jika alis matanya berwarna kuning, pasti itu jantan. Tapi, jika alis matanya itu berwarna putih, itu betina
  3. Paruh  burung jantan bagian bawah berwarna coklat tua sedangkan yang betina berwarna putih.
  4. Jika bakalan sudah berumur diatas 4-6 bulan. Untuk yang betina, warna kuning dileher akan berganti menjadi warna putih kehijauan. Biasanya kalau kita kurang jeli, warna putih itu akan disemir jadi hitam. Ini yang sering dilakukan oleh pedagang yang nakal.Sedangkan yang jantan, warna kuningnya, akan dipenuhi oleh trotol-trotol hitam dimana dua bulan berikutnya, warna hitam akan nampak lebih jelas dileher bagian bawahnya.
  5. Seiring cucak hijau jantan bertambah umur, warna hitam dileher bawah, akan terus menutup sampai dibawah matanya. Dan dari paruh atas sampai mata serta leher ditutup oleh warna hitam.
Demiakian Penjelasan mengenai mengenal cucak hijau (cucak ijo) dan membedakan cucak hijau jantan dan betina. Memoga bermanfaat dan menambah pengetahuan pagi para pembaca kususnya para pecinta burung mania. jika menurut anda artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan dengan menyertai link sumber. Terima kasih

Sumber : Dari segala sumber dan informasi serta pengalaman



Cucak Hijau (Cucak Ijo)
4/ 5
Oleh