Monday, 10 November 2014

Cara Budidaya Ikan Lele Sangkuriang Agar Hasil panen Maksimal

Cara Budidaya Ikan Lele Sangkuriang

Contoh Lele Sangkuriang
Berdasarkan pengalaman yang telah saya lakukan, Artikel kali akan membahas tentang 4 Cara bertenak (budidaya) Ikan lele Sangkuriang yang benar agar menghasilkan hasil panen yang optimal dan memiliki prospektif  yang bagus dimasa yang akan datang. Tak heran jika bisnis ternak lele merupakan salah satu bisnis yang memiliki peluang yang sangat menjanjikan

Kita tahu bahwa kebutuhan dan konsumsi masyarakat untuk jenis ikan ini sangat besar. budidaya ternak lele cukup murah dan Ternak lele juga sebetulnya cukup mudah dilakukan. Akan tetapi banyak orang belum memahami sepenuhnya tentang cara beternak lele yang baik dan dilakukan secara tepat. Jika kita belum mengetahui cara dan tehnik yang benar, bukan untung yang di peroleh melainkan rugi berkepanjangan, terutama bagi pemula yang belum mengetahui tingkat kematian ikan lele dan lambatnya pertumbuhan. karena banyak kendala yang dihadapi ketiaka berternak atau budidaya ikan satu ini.

Berikut ini akan kita bahas tips cara ternak lele sangkuriang yang cukup sederhana dan bisa memberikan keuntungan yang optimal. Pembahasan artikel kali ini akan diulas secara kusus mengenai cara budidaya ternak lele sangkuriang. Semoga tulisan saya ini bisa dijadikan pedoman  Bagi Anda dan bias bermanfaat bagi kita semua. Hal-hal yang perlu anda perhatikan dalam memulai usaha ternak ikan lele sangkuriang adalah

1.   Mempersiapkan Kolam
Media kolam untuk ternak lele sangkuriang idealnya harus mempunyai konstruksi yang tepat, mempunyai kualitas air yang baik, dan mempunyai perawatan yang bagus. Banyak jenis media kolam yang bisa digunakan untuk ternak lele seperti ternak lele kolam terpal, ternak lele kolam bak semen atau permanen, ternak lele kolam tanah, dan masih banyak jenis media kolam untuk ternak lele bisa dipraktikkan. Silahkan anda pilih jenis media mana yang akan buat tentunya dengan mempertimbangkan modal atau dana yang ada.

  1. Bila Anda menggunakan media kolam tanah untuk budidaya ternak lele sangkuriang, Perhatikan bagian dinding kolam. Pastikan dalam kondisi padat dan tidak bocor. Caranya dengan memukul-mukul dinding kolam untuk memadatkan dan mengeraskan kolam untuk ternak ikan lele sangkuriang. 
  2. Selanjutnya memberikan kapur ke dalam kolam Dosis kapur yang dianjurkan adalah 20 – 200 gram per meter persegi, tergantung tingkat keasamannya. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi hama dan penyakit yang bersarang dalam kolam. 
  3. Pemasangan pintu penyaringan dan pemupukan dasar. Caranya dengan menggunakan pupuk makro NPK dan dicamour dengan pupuk organik padat khusus perikanan, yaitu TON. Pupuk organik padat khusus perikanan (TON) bisa dicampurkan dengan pupuk makro NPK. 
2. Mempersiapkan  Bibit dan Jenis Ikan Lele

Mempersiapkan bibit dan jenis ikan lele Sangkuriang merupakan langkah yang penting karena pemilihan bibit ternak lele yang bagus akan berpengaruh besar pada keberhasilan. Pilihlah bibit lele yang bagus kualitasny. Cara yang paling sederhana dengan melihat secara fisik dan pastikan tidak mempunyai cacat, warnanya cerah dan gerakannya lincah. Biasanya Bibit ikan lele yang yang bagus dan berkualitas berasal dari indukan lele yang bagus.
Langka selanjutnya setelah memilih bibit adalah

  • Sebelum ditebarkan ke kolam Benih lele sangkuriang yang telah anda pilih. Lakukanlah sterilisasi dengan larutan KM5NO4. Larutan ini digunakan untuk merendam bibit ternak lele sangkuriang selama kurang lebih 10 menit agar terbebas dari penyakit. 
  • Penebaran benih ikan lele sangkuriang sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari di saat suhu udara masih dalam keadaan normal.Masukan lele kedalam kolam secar perlahan-lahan dengan maksud agar ikan mudah bisa beradaptasi. 
3.   Pemberian Pakan Ternak Ikan Lele Sangkuriang

Pemberian pakan ikan ini akan membantu mempercepat pertumbuhan ternak ikan lele di dalam kolam. Pakan yang dianjurkan adalah Pelet. Untuk meningkatkan kadar nutrisi yang terkandung di dalam pelet saya merekomendasikan untuk menambahkan Viterna Plus, POC Nasa dan Hormonik. Produk tersebut merupakan produk yang sudah banyak dipakai oleh petani ikan lele. Terbuat dari bahan-bahan alami dan mempunyai kandungan nutrisi tinggi sehingga baik untuk mempercepat pertumbuhan ikan dan mengurangi anga kematian.
Agar  kolam tetap stabil dan menjaga ekosistem wajib diberikan pupuk organik padat khusus perikanan (TON) yaitu membantu menetralkan pH, meningkatkan kualitas kolam, memacu pertumbuhan plankton sebagai pakan alami ikan. Cara yang bias dilakukan dengan menebarkan pupuk organik padat perikanan TON secara berkala setiap seminggu sekali atau gunakan TON setiap kali tercium aroma menyengat pada kolam. 
4.   Panen Lele Sangkurian
Panen merupakan tahapan yang kita tunggu karena berhasil atau tidaknya kita dalam berternak bias dilihat dalam tahap pemanenan. Pemanenan bisa dilakukan dengan menyurutkan air dalam kolam. Siapkan bak kecil untuk menampung hasil panen. Anda bisa melakukan usaha budidaya ternak lele dari awal hingga panen ini dalam kurun 45 – 50 hari saja. Berani mencoba? Kesuksesan akan datang. Insyallah……
Demikian artikel Mengenai cara berternak (budidaya) ikan lele sangkuriang. Anda bias share artikel ini denga menyertakan link sumbernya. Sampai jumpa pada artikel saya selanjutnya Sekian dan terima kasih. _Eko Prasojo

 














Cara Budidaya Ikan Lele Sangkuriang Agar Hasil panen Maksimal
4/ 5
Oleh