Sunday, 2 November 2014

Cara Berternak Burung Cucak Hijau (cucak hijau) dengan Benar

Cara Berternak Burung Cucak Hijau (Cucak Hijau) dengan Benar


Cara Sukses Ternak Burung Cucak Hijau -Sobat kicau, Cucak hijau atau biasa disebut cucak ijo merupakam Salah satu burung kicau yang banyak digemari oleh para pecinta burung, burung yang termasuk dalam katagori konservasi inipun memiliki nilai jual yang tinggi. Selain warnanya yang elegan, didominasi warna hijau suaranya yang garangpun menjadi nilai tambah tersendiri.tak heran jika para sobat kicau banyak menjulukinya sebagai burung fighter (petarung) di dalam kontes burung.
Karena penggemar cucak hijau yang begitu banyak, maka selain memeliharanya untuk koleksi dan lomba, cucak hijau juga memiliki prospek yang bagus jika dikembangbiakkan/diternakkan. Hanya saja dalam beternak cucak hijau anda harus benar-benar telaten, sabar, konsisten, dan mau belajar. 
BAGAIMANA CARA BETERNAK BURUNG CUCAK HIJAU AGAR BERHASIL
Pada kesempatan ini akan berbagi tips bagi anda yang ingin memulai beternak cucak hijau agar berhasil. Langsung saja berikut ini adalah langkah-langkah bagaimana beternak cucak hijau agar merhasilkan anakan yang bagus :
1. Pemilihan indukan cucak hijau
Yang pertama yang harus anda persiapkan adalah memilih indukan cucak hijau yang berkualitas bagus. Indukan yang berkualitas bagus akan berdampak positif bagia anda karena dapat menghasilkan keturunan/anakan yang berkualitas pula. Dalam memilih indukan cucak hijau, simak tip-tips berikut ini :
  • Indukan kacer jantan berusia di atas 2 tahun.
  • Indukan kacer betina berusia di atas 1 tahun.
  • Kondisi kesehatan cucak hijau harus bagus.
  • Indukan harus lincah.
  • Gacor/rajin berkicau bagi cucak ijo jantan.
  • Tidak cacat fisik.
  • Memiliki badan yang serasi (besar dan panjang).
  • Untuk jenis cucak hijau terserah anda (boleh dari blora, sumatera, banyuwangi, atau jember).
Bagi Anda yang masih kesulitan membedakan cucak hijau jantan dan betina, silakan klik
2. Proses Penjodohan
Setelah anda selesai memilih indukan jantan dan betina cucak hijau, selanjutnya adalah proses penjodohan indukan. Dalam menjodohkan cucak hijau, ada beberapa kesulitan terutama sulitnya membuat jantan dan betina berjodoh. Untuk mengatasi itu, berikut ini kami berikan tips dan teknik menjodohkan indukan cucak hijau :
  • Masukkan indukan cucak hijau jantan dalam sangkar ke dalam kandang.
  • Kemudian masukkan indukan cuak hijau betina dalam sangkar ke kandang.
  • Dekatkan kedua indukan tetapi berbeda sangkar.
  • Tunggu reaksi kedua indukan kacer tersebut apakah sudah terlihat rukun atau belum.
  • Anda bisa menggunakan sekat/papan di antara sangkar jantan dan betina.
  • Untuk mengetahui sudah jodoh atau belum anda tinggal membuka sekat.
  • Ciri-ciri indukan cucak hijau sudah rukun adalah cucak hijau jantan terus berkicau sambil mendekat ke betina, dan si betina meresponnya dengan turun ke dasar sangkar sambil berkicau khas cucak hijau betina/ngepler-ngepler.
  • Kalau belum jodoh, biasanya betina akan menghindar dan cuek kepada cucak hijau jantan.

Proses penjodohan indukan cucak hijau bisa saja cepat (sekitar 1-2 minggu) tetapi bisa juga sampai 1 bulan. Semua tergantung dari kondisi birahi keduanya. 
BAGAIMANA CARA BETERNAK BURUNG CUCAK HIJAU AGAR BERHASIL
3. Kandang penangkaran dan sarang cucak hijau
Untuk kandang penangkaran/peternakan cucak hijau berbeda dengan kandang hariannya. Saat beternak cucak hijau anda membutuhkan kandang yang lebih luas dan nyaman agar CI jantan dan betina lekas kawin dan bertelur. Berikut ini saran dari kami untuk kandang beternak cucak hijau berdasar para peternak CI yang telah berhasil :
  • Tinggi kandang 2,5 meter.
  • Lebar kandang 3 meter.
  • Di dalam kandang ditaruh pepohonan yang rindang seperti pohon belimbing, sawo, mangga, atau pohon lain yang rindang. 
  • Sediakan tempat pakan
  • Sediakan tempat minum
  • Sediakan karamba atau tempat mandi
  • Sediakan tangkringan
  • Sarang bisa menggunakan batok kelapa yang dibelah.
4. Pakan
Untuk beternak cucak hijau membutuhkan pakan yang tidak seperti perawatan harian karena kebutuhan akan nutrisi jelas lebih banyak dari biasanya. Pakan saat penangkaran harus lebih banyak dari hari biasa, seperti voer, cacing, serangga, dan buah-buahan. Yang penting adalah asupan gizi untuk indukan cucak hijau haruslah seimbang dan jangan lupa untuk memberikan multivitamin di dalam air minumnya. Beberapa kandungan nutrisi yang dibutuhkan cucak hijau saat reproduksi anatar lain mineral, kalsium, vitamin A, D3, E, B1, B2, B3 (Nicotimanide) B6, B12, C dan K3; zat esensial seperti D-L Methionine, I-Lisin HCl, Folic Acid, dan Ca-D Pantothenate.
5. Masa pengeraman
Dalam masa pengeraman, indukan cucak hijau membutuhkan kenyamanan dan ketenangan di kandang dan sekitar kandang. Pastikan tidak ada gangguan tikus, kucing, anjing, semut, kecoa atau parasit. Waktu pengeraman cucak hijau sekitar 14 hari (2 minggu), dan daya tetas telur tergantung dari kondisi lingkungan dan betina itu sendiri. Sebagai saran, pada saat masa mengeram kurangilah memberikan EF karena dapat membuat cucak hijau agresif dan birahi tinggi dan akan berdampak buruk pada telur yang dierami. Sebelum telur menetas (sekitar 2 hari sebelum menetas) perbanyaklah memberi EF dan jangan lupa sediakan kroto. Biarkan indukan cucak hijau memberi makan anakannya dengan koroto, karena kroto baik untuk anakan cucak hijau yang baru menetas.
6. Masa meloloh anakan cucak hijau
Pada saat anakan cucak hijau berusia 5-10 hari, anda bisa mengambilnya/disapih untuk diloloh sendiri. Jangan ambil anakan cucak hijau sebelum berusia 5 hari, tetapi jangan sampai lebih dari 10 hari. Anda bisa menaruh anakan cucak hijau di dalam wadah apa saja, yang penting adalah ada landasan bahan yang sama dengan yang ada di sarang sebelumnya. Bisa dengan kapas, atau dengan merang dan daun cemara/pinus. Taruh wadah tersebut dalam box. Untuk menjaga kehangatan anakan cucak hijau, pasanglah lampu di dalam box.
Pakan yang kami sarankan untuk anakan cucak hijau berusia 5-10 hari adalah kroto yang bersih (bebas kotoran dan bangkai semut). Suapkan kroto tersebut dengan alat penjepit dari bambu/alat lain secara perlahan. Jangan lupa untuk meneteskan sedikit air ke kroto sebelum dilolohkan agar mudah untuk ditelan. Pada saat anakan cucak hijau berusia di atas 7 hari, anda bisa memberikan kroto yang dicampur dengan adonan voer. Anda juga bisa menambahkan multivitamin untuk menjamin kebutuhan vitamin dan mineral bagi anakan cucak hijau.
Pada saat anakan cucak hijau berusia 15 hari ke atas, anda bisa memberikan pakan berupa jangkrik yang sudah diotong kakinya dan kepalanya dipencet. Akan lebih baik lagi jika jangkriknya sedang mabung yang masih lembut dan berwarna putih. Jika anakan sudah mulai melompat-lompat di dalam box sarang, anda bisa memindahkan anakan cucak hijau tersebut ke dalam sangkar gantung. Tetapi pastikan dasar sangkar gantung tetap diberi landasan bahan yang sama dengan bahan pembuat sarang. Anda juga bisa memberi tangkringan bertingkat agar anakan cucak hijau belajar melompat dari tangkringan paling bawah ke tangkringan di atasnya.
7. Manajemen indukan cucak hijau
Nah, setelah anakan cucak hijau diambil biasanya dalam 7-10 hari kemudian indukan cucak hijau betina akan bertelur lagi. Untuk itu berikan pakan dan EF yang sama dengan saat masa kawin (setelah penjodohan) untuk meningkatkan birahi dan segera bertelur lagi. Indukan cucak hijau saat mabung tidak langsung rontok semua bulu-bulunya, tetapi sedikit-sedikit (nyulam). Jika kondisi fisiknya sehat dan fit maka indukan cucak hijau akan tetap bereproduksi.
Bagaimana Sobat? Cukup mudah bukan untuk beternak burung cucak hijau? Yang pasti anda tidak boleh putus asa ketika gagal atau tidak maksimal, tetapi cobalah lagi dan tidak mengulangi kesalahan. Karena guru yang terbaik adalah pengalaman, bukan begitu sobat kicaukan?
Sobat kicau, Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Bagaimana Cara Beternak burung Cucak Hijau Agar Berhasil. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Jika ada kekurangan atau kesalahan, mohon pencerahannya. :)
Simak terus Kicau Burung untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!  
Sobat kicau, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.
 
Cara Berternak Burung Cucak Hijau (cucak hijau) dengan Benar
4/ 5
Oleh