Thursday, 27 November 2014

Kuci Keberhasilan Pemeliharaan Broiler

Kunci Keberhasilan Pemeliharaan Ayam Broiler (Bagian 1)


Dewasa ini mutu genetik ayam broiler sudah berkembang sangat pesat. Buktinya, jika kita amati sekitar 10 tahun yang lalu mungkin untuk mencapai bobot rata-rata 2 kg, broiler membutuhkan waktu pemeliharaan 35-36 hari. Namun, dengan pemuliaan genetik yang terus berjalan kini bobot rata-rata 2 kg bisa cicapai pada umur  32-33 hari. Berarti seiring perkembangan IPTEK pemeliharaan broiler akan semakin efisien. Namun, dibalik itu semua tentunya ada kelemahan-kelemahan yang menyertainnya, antara lain ayam mudah mengalami stress. Untuk itu, ayam broiler modern membutuhkan manajemen pemeliharaan yang tidak lagi dengan istilah bagus tetapi harus prima. Salah satunya adalah pemeliharaan pada periode Brooding.

Pada ayam broiler (pedaging), masa brooding ialah periode pemeliharaan dari DOC (chick in) hingga umur 14 hari (atau hingga pemanas tidak digunakan). Baik tidaknya performance ayam di masa selanjutnya seringkali ditentukan dari bagaimana pemeliharaan di masa brooding. Jadi salah satu kunci keberhasilan Pemeliharaan Broiler adalah pada keberhasilan periode brooding karena kesalahan manajemen pada periode ini seringkali tidak bisa dipulihkan (irreversible) dan berdampak negatif terhadap performance ayam di periode pemeliharaan berikutnya.
Mengapa periode brooding penting? karena pada masa ini terjadi perkembangan pesat berbagai organ tubuh ayam (yang tidak dijumpai pada umur lebih tua). Oleh karena itu, diharapkan peternak perlu benar-benar memberikan perhatiannya terhadap masa ini. Ada beberapa hal yang mengalami perkembangan pesat pada umur ini terutama antara lain sistem kekebalan dan pencernaan.
Bagaimana cara mengoptimalkan pertumbuhan di periode brooding? Caranya adalah dengan memberikan kondisi brooding dan memberikan pakan sesuai dengan kebutuhannya. Untuk mencapai kondisi tersebut dapat dilakukan dengan cara?
1)     Memberikan pakan dan minum segera setelah DOC chick in (DOC masuk ke dalam ruangan brooding)

Pemberian pakan segera chick in dimaksudkan agar organ pencernaan ayam dapat berkembang dengan maksimal misalnya lambung, tembolok, usus, hati, pankreas dan sebagainya baik dalam ukuran maupun panjangnya. Untuk vili usus, perkembangan yang baik ditunjukkan dengan ukuran vili yang panjang, besar, jumlah banyak dan seragam. Vili yang seperti itu akan membantu efisiensi ransum.


Organ pencernaan anak ayam umur 2 hari.  Saluran pencernaan berkembang paling baik pada ayam yang langsung diberikan ransum saat chick in (atas). Yang tengah ialah yang diberikan 8 jam setelah chick in sedangkan yang paling bawah ialah yang belum diberikan ransum sama sekali 

Bersambung....................

Baca Juga :




Kuci Keberhasilan Pemeliharaan Broiler
4/ 5
Oleh