Friday, 14 November 2014

PEJANTAN SI ‘AYAM KAMPUNG” JAKARTA

PEJANTAN SI ‘AYAM KAMPUNG” JAKARTA

Ayam Jantan
Pejantan Si ‘AYAM KAMPUNG” Jakarta - Ayam merupakan salah satu unggas penghasil daging yang banyak dibudidayakan masyarakat.  Data Statistik Peternakan dan Kesehatan Hewan tahun 2011 menunjukan bahwa produksi daging nasional sekitar 63,3% dipenuhi dari daging ayam ras pedaging dan 14% dari ayam buras, sehingga total 77,3% produksi daging nasional adalah berasal dari daging ayam. Permintaan akan daging pun semakin meningkat tiap tahunnya. 
Daging ayam merupakan daging yang sangat digemari masyarakat karena selain harganya yang relatif terjangkau, daging ayam juga merupakan daging yang memiliki citarasa yang tinggi serta memiliki kandungan kolesterol yang relatif rendah jika dibandingkan dengan daging sapi maupun kambing.    
Produk olahan daging ayam pun sangat beraneka ragam dan sudah banyak dijajakan di warung-warung makan, restoran, pedagang kaki lima maupun warung padang seperti sate, opor, nuget, ayam bakar, ayam goreng dan lain sebagainya. Jenis daging ayam yang diolah juga bermacam-macam baik dari jenis ayam ras maupun buras. Dari jenis ayam ras adalah ayam broiler, ayam petelur jantan dan ayam petelur afkir. Sedangkan ayam buras adalah ayam kampung. 
 
A. Mengenal “Ayam Kampung Jakarta”

Ayam kampung jakarta bukanlah jenis ayam kampung yang kita kenal selama ini. Ayam kampung jakarta sebenarnya adalah hanya “nama beken” yang diberikan pecinta kuliner di Jakarta untuk menyebut ayam petelur jantan. Lalu mengapa disebut ayam kampung jakarta? Istilah ini diberikan karena daging ayam petelur jantan memiliki kedekatan cita rasa dan tektur daging ayam kampung dan sudah bukan rahasia lagi, ayam petelur jantan  banyak digunakan untuk mensubstitusi kebutuhan permintaan ayam kampung yang belum sepenuhnya terpenuhi.
Ayam petelur jantan sudah lama (+ mulai tahun 1980-an) populer di wilayah Periangan Timur seperti daerah Tasikmalaya, Ciamis, dan banjar namun lebih dikenal dengan sebutan ayam jantan.  Kini, ayam petelur jantan mulai pula dibudidayakan di wilayah luar wilayah Jawa Barat.  Majalah Trobos edisi Februari 2012 menyebutkan bahwa Ayam petelur jantan selain di Priangan Timur juga sudah dikembangkan atau dibudidayakan di wilayah Bogor (Parung) dan daerah Jawa Tengah atau jika melihat informasi di internet, di wilayah sentra ayam petelur seperti jawa timur juga sudah mulai ada.
Ayam petelur jantan atau yang lebih dikenal dimasyarakat dengan sebutan ayam jantan sebenarnya adalah by prodact atau produk ikitan dari industri pembibitan (breeding farm) ayam petelur yang produk utamanya adalah DOC layer betina.  DOC ayam jantan merupakan hasil sexing yaitu proses seleksi DOC jantan dan betina dalam hatchry (penetasan).
Karkas Ayam Jantan

Karkas Ayam Kampung
B. Ciri-Ciri Ayam Jantan Yang di Budidayakan
Ayam jantan yang banyak dibudidayakan umumnya memiliki bulu yang berwarna putih (biasanya ada variasi sedikit warna coklat maupun hitam), jengger dan pial lebar dan berwarna merah cerah, kaki dan badan panjang serta tubuh  ramping mirip ayam kampung. Ayam Petelur jantan merupakan jenis ayam ras.

D. Memahami Karakteristik Ayam
Sebelum beternak, kita harus memahami karakteristik ternak yang akan dipelihara. Tujuannya adalah agar kita mengetahui apa sebenarnya yang diinginkan ternak karena “rumus” dalam setiap kegiatan budidaya adalah jika kita memahami dan memberikan apa yang diingikan ternak, maka ternak juga akan memahami peternak dengan memberikan apa yang peternak minta. 
Ayam petelur jantan atau yang selanjutnya disebut ayam jantan memiliki karakteristik yang berbeda dari ayam broiler. Karakter yang khas dari ayam jantan adalah agresif, aktif bergerak, suka “beterbangan”, suka bertarung dan mengorek-orek baik pakan maupun sekam dengan kakinya. Selain itu, ayam jantan memiliki sifat nervous atau mudah terkejut dan stress. 
Pengetahuan mengenai karakteristik ayam dapat digunakan untuk membuat kebijakan mengenai manajemen pemeliharaan yang akan dilaksanakan guna mengatasi atau mengendalikan sesuatu yang menjadi kekurangan dan mengoptimalkan segala sesuatu yang menjadi keunggulannya.   

Sekian artikel dari fasimnews mengenai PEJANTAN SI "AYAM KAMPUNG"JAKARTA. Silahkan dishare dengan mencantungkan Link sumbernya. Untuk Artikel selanjutnya akan membahas mengenai  PELUANG BISNIS PEMBESARAN AYAM. Jadi baca terus artikel dari kami. sekian.....

Penulis 

PEJANTAN SI ‘AYAM KAMPUNG” JAKARTA
4/ 5
Oleh