Sunday, 23 November 2014

Penyakit Ayam Pada Musim Hujan I

PENYAKIT YANG PERLU DIWASPADAI SAAT MUSIM PENGHUJAN PADA AYAM

Bagi peternak, baik ayam petelur maupun ayam pedaging, penyakit adalah masalah yang paling dihindari karena adanya penakit dapat mengakibatkan berbagai kerugian antara lain kematian, pertumbuhan terhambat, tambahan biaya obat dan penurunan produksi telur bahkan bisa tidak berproduksi sama sekali.
Pada kesempatan kali ini, dimana di sebagian daerah di Indonesia mulai memasuki musim penghujan, saya mengingatkan pada semua peternak khususnya ayam peternak ayam buntuk mewaspadai munculnya penyakit pada musim penghujan ini.
Pada musim penghujan, tingkat kelembaban litter, bagian bawah kandang (kotoran ayam) dan lingkungan kandang serta gudang penyimpanan pakan dan bahan baku pakan, merupakan hal yang sangat perlu menjadi perhatian karena dari situlah pemicu munculnya penyakit.
Adapun penyakit yang sering muncul dan menyerang ayam pada musim penghujan adalah diantaranya :
1. Kolibasilosis

Sumber air seringkali bercampur dengan air permukaan, saat musim hujan tiba. Hal ini akan memperbesar kemungkinan terkontaminasinya air minum dengan bibit penyakit, termasuk Escherichia coli yang merupakan penyebab penyakit kolibasilosis. Kalau ayam sudah terserang kolibasilosis, akan menimbulkan banyak kerugian diantaranya : gangguan pertumbuhan, penurunan produksi dan kualitas telur serta dapat menyebabkan penyakit komplikasi yang sulit untuk diobati.

Kolibasilosis dalam saluran pencernaan dapat menyebabkan radang usus.  Jika dilakukan bedah bangkai maka akan terlihat ciri khas dari penyakit ini yaitu terjadinya perihepatitis (selaput putih di hati) dan pericarditis (selaput putih di jantung) serta jika pada usus disayat akan terlihat kemerahan, isi usus encer ber warna kekuningan dan bercampur busa. 
Pencegahan :
¨      Lakukan sanitasi yang ketat baik terhadap kandang, lingkungan kandang, operator dan sumber air. Disinfeksi air minum dengan disinfektan untuk membubuh kuman penyebab penyakit Colli.
¨      Cek atap kandang (jangan sampai ada yang bocor), buat parit disekitar kandang agar tidak ada genangan air
¨      Hindari perlakuan yang dapat meningkatkan stress pada ayam.
 Pengobatan :
 
Ada beberapa jenis bahan aktif antibiotika yang bisa dipilih, antara lain : Neomycin, Colistin, Tetracycline, golongan Sulfa dan Trimethroprim serta turunan Quinolon.
Baca Juga :

Penyakit Ayam Pada Musim Hujan I
4/ 5
Oleh