Monday, 24 November 2014

Cara Mengatasi Menurunya Produksi Telur ayam


Produksi Telur Menurun
WASPADAI TURUNNYA PRODUKSI TELUR-Bagi peternak ayam petelur, produksi telur yang tinggi merupakan hal yang diidamkan. Namun, terkadang apa yang telah diimpikan tidak menjadi kenyataan. Kenyataannya, dilapangan sering dijumpai kasus rendahnya produksi serta turunnya produksi telur. Untuk bisa mengatasi hal tersebut tentunya harus mengetahui penyebab turunya produksi telur.  Dengan mengetahui faktor-faktor penyebab turunnya produksi telur, diharapkan peternak dapat mengambil tindakan antisipasi agar ayam telur yang dipeliharanya menghasilkan telur sesuai kurva produksi standar.
Pertanyaan yang sering diajukan oleh peternak adalah “Mengapa produksi telur ayam saya menurun?” Jawaban pertanyaan ini ternyata tidak semudah yang diduga. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan produksi telur yang turun, yaitu: kualitas telur itu sendiri, mutu bibit, kecukupan nutrisi, kesehatan ayam, kondisi lingkungan, dan tatalaksana pemeliharaan.
Agar produksi telur mencapai optimal maka harus disertai dengan konsumsi ransum yang cukup. Nafsu makan yang turun dapat menghasilkan berat telur yang rendah. Produksi telur tidak hanya bergantung pada berat badan yang tercapai saat memulai produksi telur, tetapi juga pada perkembangan saluran pencernaan dan reproduksi.

Kenali Penyebabnya
Permasalahan yang sering dialami peternak adalah produksi telur rendah atau penurunan produksi telur secara tiba-tiba. Seperti telah dijelaskan sebelumnya, banyak faktor yang dapat menyebabkan produksi telur turun dan seringkali faktor-faktor tersebut terkait satu sama lain. Faktor-faktor tersebut dapat berpengaruh terhadap ukuran dan kualitas telur.
Penyebab umum menurunnya produksi telur meliputi: kurangnya lama penyinaran, nutrisi tidak cukup, penyakit, dan umur yang semakin tua dan stres.
Nah bagi anda para peternak ayam petelur,.. apakah anda pernah mengalami penurunan produksi telur pada ayam anda? apakah faktor tersebut di atas sudah anda kuasai? Lalu bagaimanakah antisipasi serta cara mengatasi masalah yang jamak terjadi pada peternakan ayam petelur tesebut? Jika anda penasaran, koreksi cari tau dulu kira-kira apa penyebab turunya produksi telur anda? Lalu....... tunggu artikel kami berikutnya...

Cara Mengatasi Menurunya Produksi Telur ayam
4/ 5
Oleh